Hari Ini Ari Menggambar Wayang

liburan kali ini menyenangkan dan menggalau sekali kawan

diisi dengan banyak kegiatan, janji-janji yang belum ditepati, tanggung jawab baru, perencanaan ke depan dan urusan hati eaa

Mungkin karena wilayah Depok yang selalu hujan, suasana hati Ari mendadak sendu. Biarah kali ini dia bercerita. Beberapa waktu terakhir Ari suka membaca tulisan-tulisan dari Joko Anwar yang bisa kamu baca juga di sini. Sehingga mungkin memengaruhi gaya penulisannya.

Ada seorang Begawan di tokoh pewayangan yang bernama Begawan Drona. dia memiliki cita-cita untuk menikahi seorang bidadari. tetapi sang ayah mengatakan kepadanya bahwa jodoh manusia adalah manusia, tak pantaslah bagi kita untuk mengharapkan yang berlebihan. namun Begawan Drona tetap berpegang pada cita-citanya. karena keinginan yang absurd ini Begawan Drona diusir oleh ayahnya. pergilah dia berkelana tanpa tujuan tertentu namun tetap berpegang teguh pada cita-citanya.

luar biasa sekali tekad dari Begawan Drona. sungguhlah dungu untuk mempertahankan keinginan seperti ini dan membuatmu diusir oleh ayahmu sendiri. tapi wayang bukanlah sebuah cerita dungu yang dapat membuat penikmatnya ingin melompat dari menara setinggi seratus meter karena ditolak cintanya, walaupun sejatinya mereka belum punya cukup akal sehat untuk mengerti cinta.

akal sehat dan cinta. banyak mahluk yang memisahkan keduanya. saat jatuh cinta, akal sehat sudah tidak bekerja, kata mereka. jika begitu apakah tindakan ingin melompat dari menara karena cinta ditolak adalah peristiwa yang wajar?

Dalam perjalanan, Begawan Drona terhalang oleh sungai yang lebar dan berarus deras sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati. pada saat itulah dia berucap, “Kalau saat ini ada mahkluk yang menolong aku menyeberangi sungai, kalau ia laki-laki akan kuangkat sebagai saudara, kalau perempuan akan kuperistri”

Sungguh sumpah yang egois sekali. Begawan Drona pada saat itu adalah orang yang diusir oleh ayahnya dan tidak mempunyai tujuan apapun. akan jadi apa nasibnya orang yang diangkat sebagai saudara atau istrinya? atau kah ini sebuah sumpah cerdas yang dimaksudkan untuk membuat suatu tujuan bagi hidupnya yang kini sedang tak tentu arah?

tak berapa lama kemudian datanglah kuda yang membantu dia menyeberangi sungai itu. ternyata kuda itu adalah seorang betina, sadarlah Begawan Drona bahwa ia harus menepati kata-katanya. Maka ia pun mengawini kuda betina itu.

Malang Begawan Drona, bidadari yang di cita, kuda betina didapatnya

Setelah cukup bulannya, kuda betina itu melahirkan seorang bayi lelaki, dan segeralah setelah persalinan itu sang kuda berubah wujud menjadi seorang bidadari. Bidadari itu bernama Batari Wilutama

Batari Wilutama adalah salah satu dari tujuh bidadari upacara Suralaya. ketika kawin dengan Begawan Drona, Batari Wilutama sedang menjalani kutukan dari Batara Brahma. ia harus hidup di dunia sebagai seekor kuda betina dan baru bisa bebas dari kutukan itu setelah melahirkan anak.

ImageBatari Wilutama

Caping adalah akronim dari catatan pinggir. rubrik ini adalah ciri khas dari majalah Tempo. dan dari jaman kuda sampai sekarang yang mengisi Goenawan Muhammad selalu. sewaktu Ari kecil dia sudah mulai bisa membaca. tergeletak sebuah majalah yang kertasnya bagus sekali. saat buka halaman belakangnya rubrik caping yang ditemukannya. saat dibaca Ari tak mengerti apapun yang dilihatnya. mungkin ini bacaan orang dewasa. saat lulus SMA Ari membaca majalah yang sama yang saat itu sedang bertambah usianya. di sana ada cerita tentang penulis yang luar biasa. Goenawan Muhammad namanya.

hari ini Ari membaca caping kembali. dan dia masih belum mengerti.

banyak yang bilang hanya Goenawan Muhammad atau biasa disingkat GM sajalah yang mengerti apa isi dari caping. Ari mungkin adalah tipe orang yang merepresentasikan kata-kata menjadi suasana. banyak cara persepsi yang baru Ari ketahui. ada mereka yang mereka mempersepsikan musik menjadi bentuk 2 dimensi. ada mereka yang mempersepsikan formula matematika seperti sebuah harmoni.

saat membaca caping yang Ari rasakan selalu berbeda. terkadang seperti kentut yang tidak bisa keluar. terkadang seperti diterjang ombak. selalu berbeda dan abstrak. mungkin tulisan ini tidak jelas maksudnya, apakah ini mampu untuk masuk ke dalam rubrik caping? hanya GM yang tau

Belajar Rendah Hati dari yang Terbaik

Siapa yang ga kenal Jimi Hendrix? lo ga tau? buruan googling

ada pepatah yang bilang

jadilah seperti padi, semakin berisi semakin menunduk

ini contoh terkeren yang pernah gue temuin

di zaman kita saat ini banyak majalah yang udah menasbihkan Hendrix sebagai gitaris terbaik sepanjang masa (walaupun banyak yang ga terima, termasuk gue, slash nomer satu!! eh ngga bercanda) dia tetap rendah hati dan bilang kalo dia ga sehebat itu (walaupun dia agak senyum waktu si Dick bilang kaya gitu, siapa sih yang ga suka di puji)

Hendrix aja gitu, masa kita yang ga punya pengakuan resmi apapun dari dunia sudah punya perasaan lebih unggul dari orang lain

Ngutip dari Socrates

“The only true wisdom is in knowing you know nothing.”

Partitur yang (katanya) Ga Bisa di Mainin

partitur apa sih?

Image

ini partitur

pernah liat kan?

partitur ini digunain buat jadi panduan dalam bermain musik

katanya panduan, kok ada yang ga bisa di mainin?

gue juga ga tau, tapi kalo lo liat sendiri pasti ngerti deh kenapa ga bisa di mainin

Image

mabok kan?

jadi para pemusik di luar sana nganggap kalo partitur ini mustahil untuk dimainkan di kehidupan nyata, kaya Penrose Stairs

Image

ini Penrose Stairs

tapi ternyata ada aja manusia yang berhasil bikin tangga ini, salah satunya keliatan di film Inception. Belon nonton? rugii banget sob, buruan download nyewa.

kalo partitur gila ini gimana?

gilanya ada juga yang berhasil mainin part ini, dan mereka nenek-nenek (ini ga penting)

bisa dilihat di sini http://youtu.be/sCgT94A7WgI

keren parah kan?

dari sini gue jadi ngeliat. semuanya berawal dari mindset. mereka yang berhasil nyelesain ini gue yakin kalo mereka yakin ini possible. coba dari awal mereka udah ragu, ini ga bakal jadi. sama juga kaya ujian, lo ngga yakin lulus ya udah susah deh lulusnya. lo ngga yakin diterima yaudah ga diterima deh cintanya eaa. tiba-tiba gue hampa wkwkwk

jadi quote malam ini adalah

di mana ada keyakinan, di sana ada jalan

dan video itu bener-bener ngeliatin di balik keyakinan pasti bakal ada jalan 🙂 seaneh apapun jalan itu

Rule of 3

rule of 3

menarik banget nih

jadi ini komik buatan para muslim yang tinggal di Perancis

kalo dihitung-hitung berapa kali sih kita nelpon emak kita, banyakan mana dia atau kita yang nelpon

kalo gue, emak

mungkin bisa diimplementasiin nih di kehidupan kita, tapi masalahnya buat gue

yang nelpon gue cuman emak doang.

Punya Rencana Diem-Diem Aja

ojo wocono rz

semua berawal dari main ke kosan Anindito

karena ga tau mau ngapain si dito (panggilannya) nontonin koleksi TedX dia ke gue. banyak ide-ide menarik as usual, lalu ada suatu pembicara yang mengangkat topik mengenai WACANA. yap, awal keterpurukan mahasiswa. mau ngerjain tugas jadi WACANA, mau diet jadi WACANA, mau belajar jadi WACANA, mau nembak cewe jadi WACANA.

sang speaker melalui penilitian yang dia lakukan bilang kira-kira kaya gini

kalo kalian punya rencana, udah diem aja. ga usah umbar ke orang lain kalau kalian melakukan itu. karena kebanyakan orang yang melakukan itu membuat rencananya menjadi WACANA

ngomong-ngomong kalian tau kan apa itu WACANA? WACANA adalah rencana yang tidak direalisasikan

kenapa begitu ya? jadi begini, otak itu sungguh aneh cara kerjanya makanya manusia juga ikutan aneh. nah saat kalian bilang ke orang kalau kalian punya suatu rencana ujug-ujug si otak langsung mentransmisikan perasaan senang bangga dan sebagainya, tentu kalian pernah ngerasain dong dapet pujian “wuih gila keren lo” ya semacam itulah. dan ternyata perasaan yang kita terima itu memperlemah kita dalam berusaha merealisasikan rencana itu.

dalam eksperimen yang dilakukan oleh sang speaker ada 2 kelompok. kelompok pertama meneriakkan apa rencana mereka. dan kelompok kedua diem-diem aja. hasilnya kelompok kedua berusaha lebih lama dari kelompok pertama, dan tingkat kepuasan atas pencapaiannya lebih rendah dari kelompok pertama, padahal jika dilihat pencapaiannya, kelompok yang diem-diem itu lebih baik dari kelompok pertama yang meneriakkan rencananya

terus intinya apa ri? jadi kalo Punya Rencana Diem-Diem Aja

————————————————————————–

terus ada yang pernah baca postingan gue yang tentang mimpi?

disana ada suatu quote yang gue bold dan italic 😛

berlawanan kan? sejujurnya gue bingung mau ngambil yang mana

akhirnya gue putuskan, tetep kasih tau tapi ke orang yang lo yakin bakal mengingatkan lo 🙂

Sampai Jumpa 2012

waw udah 2013 dan itu ga ada efeknya buat gue aha aha. hidup jalan terus

biar gaul gue harus ngelist momen yang berkesan di tahun 2012 ini

yuks kita mulai dari

Januari

yang gue inget, gue sama BATOSAI (geng gahol yang megang asrama) malem tahun baruan di apartemen, dan karena pass key buat liftnya ga ada alhasil kami tahun baruan sambil maen kartu semaleman di kamar karena repot naiknya kalo udah turun.

dan beberapa hari setelah tanggal 1 Januari 2012 ada UAS seperti tahun ini wkwk

gue belajar mengendarai mobil di Bali, hampir nabrak truk

Ada oprec MBUI yang seru abis, di depan stasiun UI, tahun ini juga ada loh tunggu tanggal mainnya 😀

terus gue ga inget bulan Februari dst. nya kaya gimana. lanjot

audisi buat pasukan TIMBC

lolos audisi dan jadi pasukan \:D/

dan kemudian yang gue inget cuman latihan doang sabtu minggu wkwkwk

lari PNJ 2 puteran

panas-panasan sampai hitam sempurna

panas-panasan waktu puasa

penampilan OKK \:D/

gabung di CriPix \:D/

galau ga tau mau ngapain karena terlalu lama hidup di MB dan ga bisa ngatur waktu .hiks

NAC \:D/ pertama kalinya ngerasain serunya joget dengan lagu disko (eer iya kira2 gitu)

pertama kalinya meluk puluhan orang. unyu.

pindah dari asrama.

jalan-jalan lucu ke Bogor jam 11 malem sampai pagi, tidur di pinggir jalan bersama BATOSAI full team (woh) dan kawan-kawan

sujud di KFC karena kalah main game

dapet hadiah ultah yang unyu sekali

jalan di atas api 2 kali, efeknya jalan menjadi pincang 2 hari

tiba-tiba jadi belajar mendesain

ikut aksi yang rusuh, dan jadi salah satu yang didepan

pindah ke Bandung

nyasar naik bus sampe ke puncak

gabung bersama Syiar FUKI 2012

salah satu poster yang di pampang di kreavi, dapet like

dikritik karena bikin poster berbahasa inggris, sejak saat itu bertekad menggunakan bahasa Indonesia selalu

pertama kalinya ngelukis

ikut kepanitiaan yang deadline-deadlinenya tanpa ampun

latihan MB sampe pagi

Juara 2 di Thailand!!!

ngelakuin presentasi yang menyenangkan di kelas

ngerasain serunya kalo uda bareng keluarga

ternyata 2012 gue menyenangkan ya hahaha

halo 2013, mau ngapain tahun ini?