Tercela

gue melakukan perbuatan tercela siang tadi

di suatu lingkaran diskusi ditanyalah satu per satu anak

“saya ingin bisa agar bisa ikut open tender”

Elisabetta Bruno dari ThinkCreation mengulas mengenai Bidding, sebagai berikut:

1. “Apa salahnya bidding?”

2. “Coba dulu sebelum membeli. Bukankah sah-sah saja?”

3.  “Bukankah sekarang banyak software komputer yang sangat mempermudah kita mendesain?”

Kita tinggal di Indonesia

dulu saya ingin berkuliah di FSRD ITB, dan saya yakin banyak teman-teman di luar sana yang ingin juga

namun pandangan masyarakat kita terhadap desain, sangatlah menyedihkan

“Apa pekerjaan anda?”

“Desainer Grafis”

“O, yang menata ruangan ya?”
“Desainer baju? Lain ya?”
“Yang bikin iklan ya?”
“O, komputer ya?”

—————————————————————-

tadi ada teman, ditanya, kenapa mau belajar desain?

“saya ingin bisa agar bisa ikut open tender”

terus direspon

“iya kalo kamu belajar desain grafis nanti kamu jadi jago dan bisa menang open tender loh”

dan saya diam saja

—————————————————————-

desainer 1 : “Lho, saya kan tidak melakukan perbuatan tercela!?”

desainer 2 : “O ya? Berdiam diri bukan perbuatan tercela?”

—————————————————————-

saya murid dan dia gurunya

—————————————————————-

semoga kita semua dapat lebih menghargai diri dan karya kita sendiri 🙂

—————————————————————-

Elisabetta Bruno menajabarkan kenapa bidding itu memiliki dampak yang amat negatif bagi desainer dan teman-teman sejawatnya, jika analogikan mungkin SEPERTI MEROKOK

AIGA, asosiasi desain profesional Amerika, menghimbau dengan keras kepada para anggotanya untuk tidak mendesain berdasarkan spekulasi, seperti dalam kasus bidding

—————————————————————–

semua pemikiran dan beberapa kalimat di atas diambil dari buku karya Surianto Rustan

karena saya bukanlah siapa-siapa saat ini.

Leave a Reply

