Ari and His Experience (Part 2)

Selanjutnya kita ke Lawang Sewu

*jeng jeng*

Lawang Sewu terkenal sebagai tempat yang sangat angker di kota ini. Dulunya gedung ini adalah gedung administrasi Belanda, namun belakangan gedung ini dijadikan tempat pembantaian dan penjara bawah tanah.

Biar lebih dekat sama Lawang Sewu tonton video ini dulu 😀

Sudah nonton?

Jadi setelah menonton video di atas, ceritanya ada beberapa orang yang suka uji nyali di sini, dan penduduk sekitar memandu mereka untuk masuk ke gedung ini. Namun karena gedung ini keren pemerintah pun memugar gedung ini dan dibuka sebagai objek wisata.

Hmm seinget saya seperti itu. CMIIW

Kata Guide kami Lawang Sewu juga dibuka di malam hari, silahkan datang untuk uji nyali 😀

Camera360_2013_8_10_013414

Lawang Sewu

Keren sekali kan? Saat ini ada gedung yang sedang dilakukan perbaikan jadi hanya bisa masuk ke gedung yang ada penjara bawah tanahnya. Sebelum menuju ke penjara bawah tanah kita berkeliling dulu di atas tanah. Banyak spot-spot yang fotogenik abis di sini, dan ternyata Guide kami adalah fotografer yang handal, jadilah kami sekeluarga foto-foto di tempat yang biasanya dipake untuk pre wedding. Kabarnya Film Ayat-Ayat Cinta juga mengambil beberapa scene di sini

Camera360_2013_8_10_013525

Tangga ini pernah masuk film Ayat-Ayat Cinta coy (sengaja menggunakan filter-filter aneh untuk menambah kesan mistis)

Kata Guide kami, kalo kamu ingin uji nyali di sini ada 2 spot dengan tingkat kemistisan yang berbeda.

Yang pertama di lorong. Cara uji nyalinya jalan bolak balik sekali aja di saat malam dan harus sendirian. Dari cerita sang Guide, rasanya akan ada anak kecil yang megang tangan kita, ada yang ngikutin, bulu kuduk berdiri, udara menjadi dingin (karena sudah malam) dan lain-lainnya

Camera360_2013_8_10_013140Ini lorongnya

Yang kedua di ruang bawah tanah. Namun kayanya ini terlalu ekstrem, sebelum masuk kita harus pakai sepatu boot dulu karena banyak genangan air setinggi mata kaki di sana. Karena ga nanya ke sang Guide jadi saya ga bisa bercerita

Banyak hal-hal keren yang sempat saya potret, ini dia

Camera360_2013_8_10_014018Sebuah pintu dengan sebuah tulisan

Camera360_2013_8_10_013801Sebuah jendela dengan desain yang sangat cerdas!

Camera360_2013_8_10_013822Sebuah plafon atau atap atau dinding atas atau apapun sebutannya yang terlihat keren

Setelah berkeliling di atas tanah kita pun menuju ke bawah tanah. Seperti yang saya bilang sebelumnya kita harus memakai boot. Di sini disediakan boot yang bisa disewa. Sebelum melangkah ke bawah tanah ada tulisan menarik

Camera360_2013_8_10_013259Sebuah peringatan yang tidak biasa

Jadi ruangan bawah tanah ini adalah penjara. Udaranya sangat pengap di sini dan hanya diterangi oleh lampu yang sedikit sekali. Dulunya bahkan tidak ada lampu, karena kebutuhan wisatawan di pasanglah lampu di sini.

Ada 2 penjara di ruangan ini. Penjara Jongkok yang sangat gelap, saking gelapnya kamera hp tanpa blitz saya tak bisa memotretnya dan Penjara berdiri. Penjara jongkok adalah tempat untuk pribumi dan penjara berdiri untuk orang belanda. Di penjara ini tidak diberikan sedikit pun makanan. Para tahanan dibiarkan meninggal dan jasadnya akan dibuang ke sungai.

Camera360_2013_8_10_013939Penjara berdiri. Satu penjara untuk tiga orang. Kerangkeng tahanannya sudah dilepas.

Camera360_2013_8_10_013903Ini lubang tempat membuang mayat tahanan ke sungai. Yang basah itu bukan sungainya tapi lantai penjara yang tergenang air.

Rasa-rasanya waktu di penjara bawah tanah ada sesuatu yang menyibakkan rambut, mungkin kepala pintu atau semacamnya hahaha. Dan mungkin karena udaranya yang pengap, kepala jadi terasa pusing. Di ruang bawah tanah ini pula acara di video di atas dilakukan.

Mau ke Lawang Sewu malam ini?

Advertisements

One thought on “Ari and His Experience (Part 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s