Ari and His Portfolio #1

Poster: Buat Apa Ngaji?

—————————————————–

Graphic1small

Wah ini salah satu karya yang jadi turning point saya 😀 Jadi ceritanya saya ikut FUKI 2012 di bidang Syiar. Bidang Syiar adalah bidang yang mensyiarkan Islam 😉

Jadi saat itu tema bulanan yang ingin diangkat jika tidak salah adalah Ayo Mengaji! Dan bidang saya bikin acara yang disebut Kalam (Kajian Islam) yang kebetulan di Project Officer kan oleh sosok yang super awesome Anjar

Mulailah kita rapat nentuin nama dan tema. Harapan yang ingin kita kasih adalah acara ini ga kaya acara pengajian gitu yang isinya anak-anak cupu gitu, jadilah tema yang cukup absurd ini di pakai 😀

Buat Apa Ngaji?

Jadi sebelum bikin poster saya cari-cari referensi dulu di berbagai sumber salah satunya scele (student center e learning environment) sebuah web app untuk kuliah gitu deh. Dan dari pencarian referensi yang saya lakukan timbul sebuah pertanyaan,

“kenapa poster buat acara seperti ini selalu membosankan ya?”

:”

Jadilah nyari sumber lain, dan kebetulan ngeliat sesuatu dengan word art yang lebay. Dan terinspirasilah saya. Sehingga hasilnya poster ini

Graphic1edit

Wah seru sekali kan posternya! Namun orang-orang pada ga suka, hiks :”

Yah karena yang mengonsumsi karya ini adalah orang lain, maka dirubahlah poster ini menjadi poster di awal. Dan ternyata banyak yang suka, terus mereka kaya muji-muji gitu terus saya langsung berbunga-bunga gitu hahahaha. Sejak saat itu saya mulai membuat poster dan karya grafisnya dengan lebih sering.

Kalo diperhatikan elemen tanda tanya di sana super duper gede. Jadi ceritanya saya mencari-cari font gitu di dafont.com terus nemu font yang catchy, lupa namanya. Dan karena temanya adalah sebuah pertanyaan langsung saja dibuat tanda tanya, lalu terlintas “kayanya makin gede makin keren deh” dan akhirnya tanda tanya itu diperbesar hahahaa. Tamat.

Sewaktu awal-awal membuat karya visual, saya selalu melakukan hal ini

  • cari referensi
  • mengambil satu dua yang keren dari referensi itu
  • taro di workspacenya (saya biasanya pakai corel draw)
  • dan dari sana dikembangkan hahaha

Jadi karyanya asal keren aja, terkadang sekarang juga gitu sih. Namun makin ke sini makin berusaha untuk berpikir ke impact yang dihasilkan, semoga dapat makin membaik 😀

Leave a Reply

