Designing Campaign Strategy

Hai hai saat ini di kampus saya sedang berlangsung Pemilihan Raya, sebuah event yang akan mengeluarkan output pemimpin-pemimpin kampus satu tahun mendatang. Melihat setiap pemilihan pasti ada kampanye, saya jadi teringat materi yang pernah saya terima di semester lalu. Yaitu…

Designing Campaign Strategy

Materi ini saya dapat dari acara Organizational Branding yang diadakan BEM FIB UI pada sesi yang diisi oleh Yasir Mukhtar.

beberapa materi mungkin agak melantur, karena penulisan ulang ini didasarkan pada catatan seadanya dan ingatan yang sudah lama, serta beberapa komponen tambahan yang didapat oleh penulis dari membaca, menerima dan mengimplementasikan yang didapatnya.

Dalam membuat Strategi Kampanye, hal yang saya rasa paling penting adalah menyampaikan value.

Dan menyampaikan value itu super duper sangat sulit.

Karena itu Strategi Kampanye perlu didesain.

Hal pertama yang paling penting adalah Big Story atau Cerita Besar dari kampanye mu. Mengutip dari sebuah video Ted yang keren, Start with Why. Big Story inilah yang akan menjadi jawaban dari Why tersebut

Why I do this. Why I should care.

Setelah mendapatkan why yang terindah dan paling menancap di jiwa, saatnya kamu menganalisa lingkungan

lakukan Discovery

yang meliputi

  • Audience Review
  • Competitor Review
  • Brand Review

Setelah itu lakukan SWOT Analysis

  • Strength
  • Weakness
  • Opportunities
  • Threats

Dari sana kamu dapat melihat, di tempat seperti apa kamu berada dan sekeren apa kamu di sana.

Setelah mengetahui diri sendiri dan orang lain, saatnya kamu berkembang. Masuk ke fase Strategy.

  • Communication Strategy
  • Big Idea (Unique Selling Proposition)
  • Story
  • Phasing
  • Channel

Dan Voila! kamu pasti bosan membacanya. Menulis tentang ini sangat tidak nikmat hahahaha. Karena rasanya saya seperti orang sok tahu yang ingin terlihat cerdas dengan memuntahkan seutuhnya pemikiran orang lain.

Jadi kita ganti angle dengan menjadi gelas kosong

Dalam beberapa kesempatan saya sempat membuat beberapa hal, bersama teman-teman, yang membutuhkan Campaign Strategy. Dan sungguh itu sangat sulit. Karena di awal kita dihadapkan dengan banyak asumsi.

Saya mengambil salah satu proyek Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS).

HTTS adalah hari agar tidak merokok selamanya. Yeah rokok itu kurang baik. Dan teman-teman berinisiatif untuk membuat sesuatu agar orang aware pada hal ini, bahwa rokok itu sesuatu yang kurang baik dan harusnya dihindari. Berangkat dari tujuan itu kami pun berpikir sangat amat keras agar nilai ini dapat tersampaikan.

Hingga akhirnya kami membuat sebuah cerita besarnya bahwa

kalo kamu ngerokok, yang sedih bukan hanya raga kamu aja, namun juga orang-orang yang peduli sama kamu.

dari cerita besar itu kita memikirkan gimana ya agar orang jadi aware dan pendekatan ini jadi makin mengena di hati.

Dan hasilnya, kita bikin video yang agak unyu hahaha, hastag yang galau abis, kaos yang super gahol, buku yang super inspiratif, kertas surat yang bikin nangis, serta dua maskot yang manis hahahahaha

Ini cerita kami yang didokumentasikan dengan keren oleh Suci. Cerita Junbo dan Danbo

Mungkin tulisan ini random, namun saya jadi lebih nyaman menulisnya.

Yeah selamat substract the obvious thing dari postingan ini 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s