Schedule! Not Deadline

tulisan ini saya tulis ulang dari halaman ini http://blog.idonethis.com/post/64961058128/the-simple-trick-to-achieving-your-goals

Artikel yang sangat keren dari situs 99u.com tentang membuat sebuah kebiasaan dengan menjadwalkannya. Mungkin karena kebanyakan tugas kuliah memberi deadline pengumpulan, dalam hidup pun kita jadi terbiasa mengikuti pola itu.

Sekarang saya masih menerapkan deadline dalam menyelesaikan banyak hal, bahkan dalam mimpi. Dan saya setuju sekali dengan pernyataan bahwa terkadang dengan menetapkan deadline kemungkinan besar kita akan mengecewakan diri sendiri :”

Deadline adalah janji, namun jujur deadline sulit ditepati.

Menurut saya ada beberapa hal yang membuat kita sulit menepati deadline. Namun saya rasa penyebab terbesar kegagalan dalam penepatan deadline adalah karena kita berasumsi dalam membuat deadline itu sendiri, sehingga diri kita akan membuat banyak alasan dalam menepatinya.

Jadi adakah cara terbaik dalam menentukan tenggat dalam melakukan sesuatu? Saya rasa artikel di atas memberikan jawaban yang keren dan masuk akal.

Buatlah jadwal pengerjaan!

Artikel di atas memberi contoh pada menulis. Dari pada membuat deadline hari selasa jam 4 post tulisan di blog, alangkah lebih baik jika membuat jadwal, menulis hari selasa jam 3 sampai jam 4 dan post di blog.

Menurut saya secara psikologis membuat jadwal lebih tidak membebani, karena sudah ada gambaran akan melakukan apa. Bayangkan dengan menetapkan deadline, paling tidak kamu harus berpikir tentang 2 hal, deadline itu sendiri serta cara menyelesaikan deadline tersebut.

Namun ini kembali ke diri kita masing-masing, sebesar apa komitmen kita untuk mengerjakan jadwal itu 😀

Jadi buat teman-teman yang membaca tulisan ini, akan saya translate judulnya

Buatlah Jadwal!

Leave a Reply

