Tentang Kesotoyan dan Asumsi

Hai!

Dalam memilih suatu hal kita sering melakukan kesotoyan dan asumsi. Berasumsi kalo orang akan begini. Sotoy kalo peraturannya begini. Asumsi kalo dampaknya akan seperti ini. Dan sotoy serta asumsi lainnya. Buat yang belum tau, sotoy artinya sok tahu.

Dan saya sering banget Sotoy dan Berasumsi.

Namun belakangan ini sotoy dan asumsi saya makin merajalela. Sotoy kalo akan begini, berasumsi akan begitu dan lain-lainnya. Dan saya rasa ini harus diarahkan ke jalan yang lebih mendingan. Jadi berpikirlah saya, kenapa saya suka sotoy dan berasumsi.

Setelah membaca, berdisuksi dan mengamati rumput. Saya jadi mendapat pandangan yang lebih dalam. Saya sotoy dan berasumsi karena ingin dianggap keren, malas mencari tahu, jarang membaca dan kurang tepat memegang nilai.

Berbicara soal kurang tepat memegang nilai. Ada sebuah nilai yang saya rasa banyak anak muda di Indonesia salah dalam menafsirkannya.

Brainstorming.

Menurut kamu apa brainstorming itu? Pernah melakukannya? Menyenangkankah?

Alhamdulillah saya bertemu banyak orang keren dan dipinjami buku-buku yang bagus. Jadi saya ingin membagikannya, karena hal ini sangat penting saya rasa. Banyak hal menjadi melelahkan, tidak membuat bersemangat atau menjadi buntu, karena saat kamu melakukan brainstorming pada hal itu, kamu berpegang pada nilai yang kurang tepat.

Ini adalah cara Brainstorming menurut Tom Kelley, saudara David Kelley founder dari d.school

tulisan di bawah diambil dari A Whole New Mind, Daniel H. Pink

  1. Go for Quantity. Good ideas emerge from lots of ideas. Set a numerical goal–say, a total of one hundred ideas.
  2. Encourage Wild Ideas. Extremism is a virtue. The right ideas often flows from what initially seems outlandish.
  3. Be Visual. Picture encourage creativity.
  4. Defer Judgement. There’s no such thing as a bad ideas, so banish the naysayers. Think creatively first and critically later.
  5. One Converstaion at a Time. Listen, be polite, and build on others’ sugestion.

Begitulah. Sudah baca? Coba implementasikan dengan hati yang terbuka. Mungkin saja dampaknya akan luar biasa 😀

One thought on “Tentang Kesotoyan dan Asumsi

Leave a Reply

