Deep Circle

Kalian tahu Deep Website?

Jadi menurut penuturan seorang teman, sebut saja Dea Larasati, saat ini kita hanya mengetahui dan dapat mengakses 10% situs yang ada di dunia maya. 90% sisanya memerlukan cara serta kata kunci khusus untuk mengaksesnya. Diantara situs-situs tersebut terdapat situs yang melakukan perdagangan manusia, barang-barang terlarang, narkoba serta hal-hal lainnya. Tak hanya hal buruk, di sana juga terdapat situs-situs yang berisi hal-hal baik yang belum bisa disebar ke masyarakat luas, seperti strategi ini untuk membela itu, penemuan ini yang dapat melakukan itu dan ini itu lainnya.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat memiliki akses ke situs tersebut? Entahlah, takdir dan koneksi mungkin?

Dari obrolan tentang Deep Website ini saya jadi teringat dengan kegiatan yang saya ikuti beberapa hari lalu. Namanya, Kongres sesuatu, lupa hahaha. Awal cerita jadi bisa bergabung di acara ini karena sebelumnya saya bergabung ke sebuah lingkaran yang luar biasa. Dari lingkaran itu dikabarkan bahwa ada acara ini dan kita wajib untuk mengikutinya.

Dengan bayangan hampa datanglah saya ke acara ini. Dan ternyata ini adalah pertemuan orang-orang yang ahli di bidangnya untuk memperkeren Indonesia. Banyak om-om dan tante-tante yang pernah saya lihat di TV saling berdiskusi. Orang-orang dengan asal dan latar belakang yang berbeda, ahli budaya, ahli hukum, aktivis miras, penggiat penulisan, teacher trainer sampai mahasiswa, duduk di meja yang sama dan memiliki satu tujuan di sana. Memperkeren Indonesia.

Walau saya banyakan diam, saya jadi melihat kumpulan yang biasanya tidak saya lihat di hari-hari biasa. Dan di sana saya melihat bahwa dengan persatuan kita bisa loh bikin perubahan.

Om dan Tante itu jauh lebih keren pencapaiannya dari Mahasiswa Berprestasi kita tahun berapapun itu. Dan saat duduk di meja yang sama mereka tidak memperlihatkan egonya. Semoga, kita anak muda, dapat seperti mereka 🙂

Leave a Reply

