Ini yang Saya Lakukan Jika Sedang Berada di Kereta

Saya sudah pindah tempat tinggal. Dahulu saya mengontrak di dekat kampus, namun karena waktu lulus kuliah yang semakin dekat yang menyebabkan akan sangat sayang jika harus memperpanjang masa kontrak yang paling cepat satu tahun maka saya memutuskan untuk tinggal di apartemen yang telah bertahun-tahun tidak saya tempati. Apartemen ini bertempat di daerah Duren Kalibata yang membuat saya perlu menaiki kereta untuk mencapainya jika berangkat atau pulang dari kampus.

Pada masa transisi dari kebiasaan mengontrak yang tinggal berjalan kaki untuk menuju ke kampus menjadi harus menaiki kereta, membuat saya mengalami kebingungan. Waktu yang diperlukan untuk mencapai kampus dari apartemen saya adalah 20 menit dan default-nya yang kita lakukan saat menaiki kereta ada dua, yakni berdiri atau duduk. Keadaan ini membuat saya tidak tenang, harus ada yang saya lakukan selain duduk atau berdiri.

Hal pertama yang saya lakukan untuk mengisi keluangan waktu ini adalah membaca 9GAG melalui handphone. Namun belakangan saya menyadari bahwa hal ini sangat tidak bermanfaat, hingga akhirnya saya mencoba untuk membuat kebiasaan baik pada saat berpindah tempat menggunakan kereta. Berikut adalah hal-hal yang saya rasa bisa dilakukan pada saat menaiki sehingga membuat perjalanan menggunakan kereta menjadi bermakna.

  1. Pada saat menunggu kereta. Jika beruntung, hal ini tidak perlu dilakukan. Namun seringkali saya tidak seberuntung itu, sehingga saya perlu menunggu kereta tiba di stasiun terlebih dahulu. Sejauh ini, hal terbaik yang saya rasa bisa kita lakukan pada saat menunggu kereta adalah dengan membaca Al-Qur’an. Kenapa membaca Al-Qur’an? Karena pada saat menunggu di peron stasiun, suasana biasanya tenang diselingi dengan suara lalu lintas yang membuat kegiatan membaca Al-Qur’an menjadi lebih mudah dilakukan. Selain itu di peron stasiun juga terdapat banyak tempat duduk yang dapat membuat kegiatan membaca Al-Qur’an menjadi lebih nyaman.
    Selain itu saya juga memiliki targetan untuk membaca satu lembar Al-Qur’an di tiap waktu solat. Membaca Al-Qur’an di peron stasiun sering kali menjadi waktu saya untuk memenuhi target membaca Al-Qur’an di waktu subuh, maghrib, dan isya. Entah kenapa terasa sangat malas untuk membaca Al-Qur’an di apartemen. Mungkin hal ini disebabkan oleh adanya tempat tidur dan TV.
  2. Sudah di kereta dan mendapat tempat duduk. Ini adalah kondisi yang selalu didambakan oleh tiap penumpang kereta. Jika saya mendapatkan keistimewaan ini saya akan menggunakannya untuk membaca buku kontemporer yang saya suka. Namun jika targetan membaca Al-Qur’an belum selesai pada saat menunggu kereta maka saya akan meyelesaikan membaca Al-Qur’an terlebih dahulu baru kemudian membaca buku kontemporer.
  3. Sudah di kereta dan mendapat jatah berdiri. Jika berada pada kondisi ini saya akan mengeluarkan headset dan mulai mendengarkan podcast favorit saya. Saat ini saya sedang mendengarkan podcast mengenai startup dari Gimlet Media yang dapat diakses di sini. Jika sedang malas mendengarkan podcast maka saya akan mendengarkan lagu dari film Secret Life of Walter Mitty atau lagu instrumental dari Kingdom Hearts.

Tiga hal inilah yang rutin saya lakukan jika sedang berada di kereta. Namun jika saya sedang terlalu lelah, biasanya saya akan memilih untuk tidur. Hal-hal tersebut memang terlihat sangat sederhana dan membosankan, namun jika dilaksanakan dampaknya akan sangat terasa. Jika saya refleksikan apa saja yang saya lakukan dalam satu hari, waktu saya berada di kereta-lah yang merupakan waktu yang saya manfaatkan untuk membaca buku kontemporer.

Bagaimana dengan kalian? Apa yang kalian lakukan jika sedang berada di kereta?

Leave a Reply

